Mengatur Agenda Mompreuner Part 1

Sabtu, 15 November 2014


Menjadi ibu rumah tangga sekaligus menjalankan bisnis di rumah sering dianggap sangat memberikan keleluasaan dalam waktu, tapi dalam prakteknya semua perlu pengaturan dan perencanaan bila tidak ingin terjebak dalam kekacauan. Bila anda salah dalam mengelola waktu dalam berbisnis otomatis rumah anda dan keluarga anda akan terkena dampaknya alih alih memiliki waktu leluasa malah menjadi bomerang buat anda. Maka sebagai seorang mompreneur anda harus cerdas dan kreatif mengelola waktu dan kehidupan anda dengan menerapkan 7 dasar perencanaan waktu mompreneur di bawah ini

Pelajaran 1 Dari kekacauan menjadi keteraturan

Langkah 1 bersihkan pikiran anda dan ciptakan ruang
Kerjakan membuang sampah pikiran, tulis semua hal yang harus anda lakukan pada selembar kertas atau agenda tulis juga kegiatan yang bisa mendekatkan anda pada impian. tulis juga ketika anda memiliki banyak ide ini hamya butuh waktu 15 menit untuk membersihkan pikiran anda.

Pelajaran 2 Prioritas anda minggu ini

Langkah 2 Tulis di agenda anda apakah ada kejadian penting seperti
1. Janji penting misalnya dengan dokter atau bidan
2. Kegiatan seperti jadwal kunjugan di sekolah
3. Proyek bisnis baru yang harus dimuai
4. Training atau seminar yang sudah mendaftaran diri
Targetnya adalah untuk mendapatkan perspektif sepadat apa kegiatan minggu ini.

Pelajaran 3 Alat produktivitas sehari hari

Kadang anda merasa tidak memenuhi tujuan hari ini alasannya adalah karena anda tidak menjelaskan apa da kapan yang ingin dicapai. Maka target anda haruslah dijelaskan dengan SMARTER yaitu :

 S    =    Specific (clear, concise, tangible)
 M  =    Measurable (volume, time, dollars)
 A   =    Actionable (you can do something to actually make it happen)
 R   =    Realistic (relevant, willingness to achieve the goal)
 T   =    Timed (time framed, deadlines, commitment to)
 E   =    Enthusiastic (energetic attitude, positive energy)
 R  =    Reward (celebrate and acknowledge every major milestone)

Jadi buatlah to do list anda dalam dua kolom pertama apa yang disebut planning dan kolom kedua kapan yang disebut schedulling.

Langkah 3 Atur hari anda yang produktif dalam 5 menit Dengan petunjuk diatas buatlah to do list anda yang terencana dan terjadwal

Pelajaran 4 Alat yag disebut Schedule

Pelajaran ke 4 akan kita bahas di part 2 sementara itu silahkan praktekan dalam keseharian lebih baik anda memulainya di hari senin agar lebih mudah atau lebih baik anda memulainya sekarang juga...